Rabu, 07 September 2011

Tugas IMK 1

Setelah berlama-lama bingung mencari ide untuk mengerjakan tugas IMK, akhirnya pilihan saya jatuh pada situs toko es krim online ini.


Web sederhana milik sebuah toko es krim bernama Jeni's Ice Cream ini menawarkan layanan pembelian es krim secara online yang akan diantar kemana saja. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut dapat mencoba link berikut jenisicecreams.

Begitu anda mengakses link tersebut, tampilan seperti gambar di atas akan menyambut anda. Sejak pertama kali melihat tentu anda akan sadar bahwa web ini merupakan sebuah toko es krim online. Setelah melihat ke bagian bawah, ternyata web ini tidak hanya menawarkan es krim tapi juga perlengkapan untuk menyajikan es krim dan beberapa aksesoris toko mereka. Ini artinya halaman depan web, atau yang lebih kita kenal dengan halaman home, mampu menjawab dengan baik pertanyaan-pertanyaan seperti web apa ini dan aktivitas apa saja yang dapat kita lakukan di web ini. Namun sayangnya pertanyaan lain seperti kenapa saya harus memilih menggunakan web ini daripada menggunakan web yang lain belum terjawab. Jadi begitu melihat bagian home-nya beberapa pengguna mungkin saja akan berpikir 'Ok, saya mengerti web apa ini. Tapi kenapa saya harus menggunakan web ini? Kenapa saya tidak menggunakan web lain?' dan pergi meninggalkan web ini sebelum melihat lebih dalam isinya.

Penggunaan tanda '^' terbalik di bagian menu untuk menerangkan bahwa sub-menu akan muncul saat kursor mendekati salah satu pilihan menu termasuk pilihan cerdas karena cara ini mudah dimengerti pengguna.

Masih di halaman depan, ada sebuah video promosi yang ditayangkan. Menarik memang. Tapi bagi mereka yang koneksi internetnya lambat mungkin akan sulit untuk menikmati video ini.

Di bawah video ada dua buah gambar yang clickable untuk memilih berdasarkan apa nanti kita berbelanja, berdasarkan rasa atau koleksi (paket). Pilihan yang bagus karena beberapa pengguna memiliki kecenderungan untuk mengklik sebuah gambar. Begitu salah satu gambar kita klik (misalnya kita klik gambar yang paling kiri), akan muncul tampilan berikut :


Di sini kita bisa melihat bahwa gambar yang tersambung ke halaman lain kembali digunakan. Walaupun judul setiap produk ternyata clickable, namun adanya gambar ini sangat membantu pengguna. Di bawah setiap produk terdapat tombol untuk memasukkan produk ke daftar belanja. Sayangnya tombol tersebut kurang nampak seperti tombol. Beberapa pengguna mungkin akan memerlukan beberapa detik sebelum menyimpulkan bahwa kotak-kotak tersebut adalah tombol. Ada baiknya bila tombol-tombol tersebut diberi sedikit efek agar lebih jelas bentuk tombolnya.

Apabila kita pilih salah satu produk, akan muncul tampilan sebagai berikut:


Dapat kita lihat bahwa masalah tombol kembali terjadi seperti pada halaman sebelumnya. Berikut beberapa tampilan dari halaman-halaman lain:



Setelah puas berkeliling web ini saya ingin kembali ke halaman depan web atau sering disebut beranda. Tapi kemudian saya sadar bahwa web ini tidak memiliki pilihan home dalam daftar menunya. Setelah tengok kanan-kiri mata saya tertuju pada logo toko yang terdapat di pojok kiri atas web. Benar dugaan saya, logo toko tersebut juga merupakan link untuk kembali ke halaman depan web. Langkah ini memang pilihan cerdas untuk menghemat ruang untuk menu. Tapi untuk beberapa pengguna, hal ini mungkin bisa menjadi sesuatu yang membingungkan.

Secara umum web ini sudah dapat memenuhi kebutuhan user dan mampu mencapai tujuan awal pembuatan web ini. Namun ada beberapa hal kecil yang cukup mengganggu, yang walaupun terlihat sepele namun sebaiknya diperbaiki, seperti tombol yang kurang 'nyata'.

Begitulah menurut pendapat saya, bagaimana menurut pendapat Anda?

Anisaul Muawwanah

2 komentar:

  1. saya setuju ketika masuk ke halaman depan memang sangat kental sekali dengan unsur ice cream. Namun menurut saya perlu labih banyak kata-kata lagi yang lebih menarik konsumen agar tertarik untuk membeli. Tampilannya cukup sederhana alangkah lebih baik jika designnya lebih menarik agar pengunjung tidak bosan.

    BalasHapus
  2. webnya menyajikan aneka eskrim yang dijual beserta gambarnya, sungguh menarik pembeli untuk mencobanya, dan banyak informasi tentang eskrim yang dijualnya disini, warna halaman webnya pun tidak mencolok,frame yang bagus dan sederhana serta tidak terdapat link2 yang tidak sesuai dengan web,dan terdapat informasi cara pemesanannya juga

    arini daribti putri/G64090087

    BalasHapus